Breaking News

Menggemari Dunia Fotografi? Inilah Dasar yang Perlu Anda Pelajari

Selama satu dekade terakhir, peminat fotografi telah berkembang pesat. Ini jelas merupakan konsekuensi alami dari penggunaan teknologi kamera. Dulu, sebelum fotografer profesional membeli kamera single lens reflex (SLR), harganya tidak murah, namun banyak produsen kamera yang memproduksi kamera entry-level yang lebih murah. Oleh karena itu, minat terhadap bidang ini meningkat pesat.

Tak hanya itu, MILC juga lebih memperhatikan fotografi sehingga membuat pasar kamera semakin marak. Kamera mirrorless interchangeable lens ini dirancang lebih kecil dari kamera SLR agar mudah dibawa. Terakhir, pengembangan fitur teknis canggih di kamera telah memudahkan pengguna mengambil gambar tanpa pengaturan yang rumit. Pengguna hanya perlu memfokuskan kamera pada subjek yang ingin difoto. Kemudian tekan tombol rana. Seperti kamera point-and-shoot, juga dikenal sebagai kamera saku. Namun, jika Anda benar-benar menyukai fotografi, sebaiknya pahami terlebih dahulu cara memotret agar tidak bergantung pada fitur otomatis. Anda juga dapat mempelajari teknik fotografi.

Memahami exposure triangle

Fotografi juga dikenal sebagai lukisan cahaya. Tidak ada yang salah dengan itu, karena objek yang ditangkap dalam gambar pada dasarnya tertarik pada cahaya yang masuk ke sensor. Sensor dapat dibandingkan dengan kanvas (dalam kamera film analog) dan cahaya yang jatuh di atasnya adalah tinta. Karena begitulah, dasar dari fotografi adalah mengatur intensitas cahaya yang masuk ke sensor kamera.

Jika Anda memotret dalam kondisi kurang cahaya (di bawah cahaya), gambar akan tampak hitam atau gelap. Foto tampak terlalu terang atau putih polos. Pengaturan ini terkait dengan tiga elemen ini: bukaan dan kecepatan rana. dan kepekaan sensor terhadap cahaya (ISO), dan ketiganya biasa disebut sebagai exposure triangle atau segitiga exposure.

Memahami DOF dan ISO

Bukaan adalah selempang yang terbuka saat Anda menekan tombol rana. Dan aturannya adalah terus meningkatkan lebar aperture untuk memungkinkan cahaya masuk ke sensor kamera. Jadi lebih banyak cahaya yang masuk. Sebaliknya, bukaan yang lebih kecil memungkinkan masuknya lebih sedikit cahaya.
Bukaan apertur ini dilambangkan dengan F, yang satuannya berbanding terbalik dengan bukaan apertur. Terus kurangi unit F untuk menjaga aperture tetap lebar. Sebaliknya, semakin besar drive F, semakin kecil bukaannya. Lagi pula, hal lain tentang apertur adalah semakin lebar apertur, semakin sedikit kedalaman bidang (DoF) yang ditangkapnya.

 Baca Juga : Cara Menggunakan Mode Manual pada Kamera

Sangat mudah jika Anda memotret dengan sepeda yang difokuskan pada F/1.8 (DoF dangkal) dan latar belakang subjek tidak akan terlihat tajam. DoF juga dikenal sebagai “bokeh”. Selanjutnya, kecepatan rana adalah kecepatan bukaan lensa hingga menutup kembali saat tombol rana ditekan. Sementara diafragma diregangkan untuk membiarkan lebih banyak cahaya masuk, sebaliknya diafragma tetap terbuka untuk beberapa waktu. Dan sedikit cahaya bersinar. Kecepatan rana ini dinyatakan dalam detik.

Namun yang harus Anda ingat adalah semakin banyak palka terbuka, semakin baik. Anda hanya dapat mengambil begitu banyak foto. Cahaya akan menyebar lebih banyak. Subjek yang ingin Anda tangkap mungkin bergerak atau kamera yang Anda pegang mungkin bergerak. Terakhir, sensitivitas sensor terhadap cahaya (ISO). ISO ditunjukkan dengan jumlah satuan dan satuan ISO semakin meningkat. Jadi sensitivitas cahaya sensor akan meningkat, tetapi ISO yang lebih tinggi akan memberikan efek “kasar” pada gambar.

Perhatikan keadaan sinar serta keadaan objek

Setelah menguasai segitiga eksposur, Anda perlu menyesuaikan kombinasi ketiganya agar sesuai dengan kondisi pencahayaan dan kondisi subjek. Untuk bidikan malam dengan cahaya redup, Anda memerlukan ISO yang lebih tinggi. Kecepatan rana diatur berdasarkan apakah kamera menggunakan tripod atau tidak. Bukaan, di sisi lain, mengacu pada kedalaman gambar yang ingin Anda lihat.

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published.